Skip to main content

Nasi Kotak Jogja : Oat Liar

Oat Liar

Searah jarum jam, dari kiri atas, di Longman & Eagle di Chicago, granola termasuk "kulit" yogurt kering; granola Sunny Spot berwarna-warni dari California Selatan; di Four Seasons, granola di atas salad sayuran akar; madu granola lada hitam dengan foie gras dari Talula's Garden di Philadelphia.

Selama bertahun-tahun, granola adalah sweater wol kental di dunia makanan.

Anda mencelupkan sendok ke dalam mangkuk berisi gandum, kacang-kacangan dan buah-buahan kering dengan cara yang sama seperti Anda mungkin mengenakan pakaian lapis ketiga di pagi yang dingin. Granola selalu menandakan kembali ke bumi, etos biji-bijian yang tumbuh dari tandingan Amerika pada 1960-an dan 70-an - begitu banyak sehingga namanya menjadi sinonim untuk kehidupan hippie.

Granola bisa jadi banyak hal, mulai dari bahan pokok kamar asrama hingga topping parfait, tapi itu jelas tidak chic.

Namun, jika Anda masih membicarakannya seperti itu, lihat lebih dekat lorong sereal di supermarket Anda, atau menu di gastropub inovatif di sudut jalan. Granola telah berdagang di sweter besar untuk gaun hitam kecil. Di seluruh negeri, pengusaha kecil melihat granola sebagai sektor pertumbuhan yang berkembang pesat, sementara para koki melihatnya sebagai kanvas yang elegan dan terbuka lebar untuk eksperimen kuliner.

Terlahir dalam gerakan makan yang lebih baik pada akhir abad ke-19 dan dihidupkan kembali setengah abad yang lalu sebagai makanan kesehatan yang sungguh-sungguh, granola tiba-tiba menabur gandum liar, dalam variasi yang mewah, aneh, dan kadang-kadang menggemukkan dengan tidak menyesal.

Setiap tur di dunia baru ini harus dimulai dengan menendang sandal seseorang di Sunny Spot, sebuah restoran bersemangat-pulau Karibia di California Selatan yang ditetaskan pada 2011 oleh Roy Choi, pria yang memperkenalkan dunia pada taco Korea. Saat makan siang selama bulan-bulan yang lebih sejuk, Sunny Spot menyajikan hidangan granola yang mungkin dimimpikan dalam kolaborasi antara Bob Marley dan Andy Warhol.

Untuk satu hal, itu tidak kencang. Warnanya hijau dan oranye, kuning, dan biru. Ketika Mr Choi pertama kali pergi ke tim Sunny Spot-nya dan menyarankan untuk mengambil granola segar, dia memberi tahu mereka bahwa dia ingin melihat warna. "Itu selalu cokelat," katanya. "Kenapa kita tidak bisa membuatnya benar-benar meriah?"
Suzanne Virgilio, dengan putranya Calvin, dari Pabrik Granola, mulai membuat hidangan untuk para tamu yang lapar di tempat tidur dan sarapan Pennsylvania mereka. Granola mereka diaduk, kiri, jadi bakes secara merata.

Dia juga menyuruh mereka untuk menggoyang harapan. "Aku ingin itu semangkuk belokan dan belokan, bukan hanya satu sendok demi satu," katanya. "Saya tidak mengerti proses memakan sesuatu hanya untuk membuat diri Anda bosan."

Sementara kelompok gandum dan kacang-kacangan yang dirajut ke piringnya cukup tradisional, tidak ada yang lain. Tergantung pada musim dan keinginan dapur, Anda mungkin bisa menikmati acar mangga, pepaya hijau, atau nanas terkompresi. Anda mungkin akan menemukan daun segar coklat dan mint. Dan, mengambang di kolam susu almond dan krim yang mewah, Anda akan menemukan nugget nostalgia masa kecil yang mungkin memberi Alice Waters serangan sarang: Fruity Pebbles.

Seperti yang dikatakan Mr. Choi, "Setiap gigitan, Anda mendapatkan hal baru."

Itu mungkin juga mantra untuk kebangkitan granola Amerika, terutama di restoran. Ada banyak variasi pagi yang baru, seperti yang ada di Longman & Eagle, di Chicago, di mana koki, Jared Wentworth, telah menerapkan teknik modernisnya untuk sebuah pertanyaan yang ia juga ajukan kepada timnya: “Apa yang akan membuat keren hidangan granola dan yogurt? "

Jawabannya melibatkan "kulit" kenyal yang terbuat dari yogurt kering; Pops Jagung buatan rumah yang direndam susu selama berjam-jam dan berubah menjadi purée manis; jepret cranberry dan kenari yang telah dikurangi menjadi sedikit rasa getir; dan noda karamel bergaya dulce-de-leche. Pikirkan hidangan sebagai Wonderland, dengan granola sebagai Alice yang tidak bersalah yang masuk.

Tetapi para koki juga menyiapkan granola - yang manis, yang gurih, yang pedas - yang membawa lapisan tekstur dan rasa ekstra untuk hidangan pembuka dan hidangan utama. Campuran rosemary-dan-pistachio menjadi kerak di sekitar sepotong rusa di OAK pada Fourteenth, sebuah restoran di Boulder, Colorado. Granola kacang-dan-jeruk mungkin menyertai kerang bakar atau kentang manis panggang.

Dan jika ada sedikit petunjuk tentang kesadaran hippie di dalamnya, semua lebih baik. Lagipula, kata Steve Redzikowski, koki dan pemilik, "kita di Boulder."

Namun hal yang sama berlaku di persimpangan kekuatan Manhattan. "Saya ingin orang-orang tahu bahwa Four Seasons sebenarnya menyajikan makanan hippie," kata Julian Niccolini, pria yang memimpin ruang makan East 52nd Street yang ramping, di mana salad sayuran akar dengan granola adalah bagian dari menu musim dingin. "Tahun 60-an adalah saat-saat yang menyenangkan."

Robert Mnuchin Lebih Baik Tidak Membahas Kliennya (atau Putranya)
Saat 'Rocketman' Bersiap untuk Berangkat, Hollywood Menahan Napasnya
Hidup dengan Bantuan. Untuk semua umur.
Aimee Olexy, yang memiliki dua restoran di Pennsylvania, memasangkan granola dengan segalanya mulai dari keju kambing hingga foie gras. Kiri, dia menggabungkan es krim vanilla bourbon dengan granola cokelat gelapnya.

Gema budaya itu baik-baik saja dengan koki Aimee Olexy, terutama "jika Anda mengasosiasikan 'hippie' dengan hal-hal nyata dan sederhana," katanya. Ms. Olexy mengelola sebuah restoran di Philadelphia, Talula's Garden, dan Talula's Table, sebuah toko pedesaan di Kennett Square, Pa., Yang berubah menjadi sebuah pajangan untuk menu pencicipan yang ahli di malam hari. Di kedua tempat Anda akan menemukan "banyak granola," katanya. Dia mungkin membuatnya dengan lada hitam kasar atau potongan cokelat pahit; dia mungkin menikahinya dengan keju kambing atau torchon foie gras.

Crunch, nuttiness, madu, buah kering: granola yang disusun dengan baik sering mengingatkan kembali pada "hal-hal yang biasanya Anda lihat dalam kursus keju, tetapi semuanya dikompres menjadi satu gigitan," kata Ms. Olexy. (Dan dia menambahkan poin gastronomi yang bagus: Dalam hal rasa mulut dan konsentrasi rasa, granola bisa menjadi sepupu kafetaria perguruan tinggi ke “tanah” yang funky, yang dapat dimakan yang berupa piring-piring bubuk di restoran-restoran terkenal seperti Noma di Kopenhagen.)

Marco Canora, koki di Hearth, di East Village, menggambarkan dirinya sebagai "penggemar tekstur." Untuk musim semi, ia mengembangkan hidangan yang akan melibatkan mengolesi yogurt buatan sendiri di bagian dalam mangkuk penuh bit; dia akan menambahkan yogurt dengan granola gurih yang bisa memasukkan biji bunga matahari, tarragon, dan biji-bijian kembung seperti farro dan quinoa. "Granola adalah kendaraan untuk lemak," kata Mr. Canora, yang menunjuk buku resep Eleven Madison Park sebagai inspirasi. "Dan granola adalah kendaraan untuk rasa manis."

Benar-benar itu kendaraan untuk semuanya, itulah sebabnya berjalan-jalan melalui bagian granola di pasar seperti Whole Foods dapat terasa seperti perjalanan maraton ke Museum Oats Modern. "Ada banyak inovasi di granola," kata Errol Schweizer, eksekutif Whole Foods yang terus memantau tren. "Kamu bisa melakukan banyak hal dengannya."

Tergantung di mana Anda berbelanja, Anda mungkin memata-matai granola artisanal; granola bebas gluten; coklat granola yang menggoda dengan menjadi candy bar yang hancur; Granola "mentah" dicampur dan bertabur dengan "makanan super" seperti akar maca, spirulina, polong mesquite, kecambah bayam dan buah camu camu; dan bahkan Matzolah halal untuk Paskah, yang berisi potongan-potongan matzo Streit. "Itulah keindahan keanekaragaman," kata Mr. Schweizer. "Ini polikultur."

Nafsu makan yang besar di negara ini untuk beragam produk juga berarti bahwa koki yang granolanya mungkin tetap legendaris hanya di acara sosial dan pertemuan keluarga menjadi pemain di kancah makanan nasional. Granola Factory memulai dengan sesuatu yang dilayani Suzanne Virgilio kepada pelanggan yang lapar di tempat tidur dan sarapannya di Pennsylvania. "Kami memiliki tamu selama bertahun-tahun yang mengatakan, 'Ini enak, Anda harus mengemas ini,'" kata putranya Calvin Virgilio.

Nekisia Davis, seorang veteran dari Gramercy Tavern dan Franny's, memasak satu set granola di atas lark suatu hari di Brooklyn. Dia kemudian menjual beberapa di Flea Brooklyn; dari mulut ke mulut menyebar. Sekarang dia mengawasi merek yang berkembang bernama Early Bird, yang granola paling dasarnya adalah "resep yang keluar dari oven saya saat pertama kali saya membuat granola di rumah," katanya.

Di Maine, Lucy Benjamin mulai menjajakan toples Mason dari Granola Lucy sekitar empat tahun lalu di penjualan roti di dekat desanya. "Lalu orang-orang mulai datang ke rumah saya dan mengetuk pintu saya," katanya.

Dan di Baked, sebuah toko kue di lingkungan Red Hook di Brooklyn, "kami membuat granola setiap hari untuk semua pelanggan walk-in kami," kata Matt Lewis, seorang pendiri. "Suatu hari seseorang dari Whole Foods masuk dan berkata," Kami ingin meletakkan ini di toko kami. "

Memang, semua merek ini berjejer di rak-rak supermarket di berbagai wilayah negara. "Kami menghasilkan sekitar 100.000 pound setahun," kata Davis. "Maksudku, itu gila."

Baru bulan lalu, di Winter Fancy Food Show tahunan di San Francisco, granola membuktikan dirinya sebagai obsesi nasional, dengan tawaran dari Napa Valley (Kebiasaan Alam) dan North Carolina (versi Millchap Bakery, yang dibuat dengan ubi jalar) dan banyak sekali poin di antara. "Kami melihat banyak permutasi dan kombinasi," kata Louise Kramer, direktur komunikasi untuk Asosiasi Nasional Perdagangan Makanan Khusus, yang mengadakan acara tersebut.

Menghargai rasa lapar yang tumbuh untuk semua hal lokal dan buatan tangan. Menghargai obsesi Amerika yang selalu bergejolak dengan kesehatan, meskipun granola, dengan strafing gula dan lemaknya yang murah hati, selalu menjadi sesuatu yang tajam dari penjilat manis di pesta makanan spa. "Ada cahaya sehat di sekitar granola," kata Ms. Kramer. “Orang-orang tampaknya tidak menghitung kalori sebanyak dulu. Mereka mencari minuman bernutrisi. "

Kredit masa kecil juga. Granola, seperti makaroni dan keju, adalah sesuatu yang banyak dari kita tumbuh dewasa, yang menjadikannya target yang menggoda bagi koki yang ingin meningkatkan dan memperluas esensi dari apa yang bisa menjadi makanan umum.

Faktanya, mencampur gandum dan madu pernah memainkan peran penting dalam membantu Ms. Olexy, pemilik restoran Pennsylvania, mencapai tonggak masa kecil.

“Itulah yang kami lakukan untuk mendapatkan lencana Pramuka Perempuan kecil kami,” kenangnya. "Di sini aku 40, sekarang, dan aku melakukan hal yang sama."

Tautan : Nasi Kotak Jogja

Comments

Popular posts from this blog

kursi sudut arimbi kayu jati , kursi tamu sudut arimbi kursi tamu sudut surabaya

kursi sudut arimbi kayu jati , kursi tamu sudut arimbi kursi tamu sudut surabaya , kursi sudut arimbi , من هو جاستن بيبر , wat is dubbele boekhouding , من هو بيل غيتس , best cardiologist in chapel hill nc , kursi sudut arimbi ay , kursi sudut arimbi ayam , kursi sudut arimbi ayi , kursi sudut arimbi ayurveda , kursi sudut arimbi ayat , kursi sudut arimbi acid , kursi sudut arimbi as a fraction , kursi sudut arimbi bay , kursi sudut arimbi ba , kursi sudut arimbi bin , kursi sudut arimbi binu , kursi sudut arimbi  bina , kursi sudut arimbi battery , kursi sudut arimbi bank , kursi sudut arimbi blood pressure , kursi sudut arimbi chords , kursi sudut arimbi ca , kursi sudut arimbi cocuk , kursi sudut arimbi coc , kursi sudut arimbi com , kursi sudut arimbi code , kursi sudut arimbi center , kursi sudut arimbi di , kursi sudut arimbi din , kursi sudut arimbi dizi , kursi sudut arimbi dalam bahasa inggris , kursi sudut arimbi definition , kursi sudut arimbi download , kursi sudut arimbi d

kursi koper bola ,kursi minimalis jati , kursi sudut K4 semarang

  kursi koper bola ,kursi minimalis jati , kursi sudut K4 semarang ,  kursi tamu minimalis , kursi tamu kayu , kursi tamu kayu minimalis , kursi tamu minimalis modern , kursi tamu bekas semarang , kursi tamu minimalis harga 2 jutaan , kursi tamu sofa , kursi tamu jati , kursi tamu kayu jati , kursi tamu antik , kursi tamu arjuna , kursi tamu antik jadul , kursi tamu arimbi , kursi tamu adalah , kursi tamu anyaman plastik , kursi tamu ala korea , kursi tamu akar jati , kursi tamu termurah , aneka kursi tamu ,  kursi tamu besi , kursi tamu box , kursi tamu busa , kursi tamu busa minimalis , kursi tamu bellagio , kursi tamu box jati , kursi tamu bambu , kursi tamu bekas , kursi tamu cantik , kursi tamu cumi , kursi tamu chitose , kursi tamu cantik jati , kursi tamu corona , kursi tamu klasik , kursi tamu cat duco , kursi tamu cellini , contoh kursi tamu , contoh kursi tamu minimalis , contoh kursi tamu kayu , kursi tamu  dari kayu , kursi tamu domini , kursi tamu dari besi , kursi tamu d

kursi tamu donat , kursi tamu minimalis , kursi tamu sudut donat semarang

kursi tamu donat , kursi tamu minimalis , kursi tamu sudut donat semarang , kursi sudut  ,  model kursi sudut minimalis terbaru  ,  harga kursi sudut  ,  harga kursi sudut sofa  ,  ukuran kursi sudut minimalis  ,  gambar kursi sudut minimalis  ,  gambar kursi sudut  ,  model kursi sudut  ,  model kursi sudut terbaru 2022  ,  gambar kursi sudut minimalis terbaru  ,  harga kursi sudut kayu jati  ,  kursi sudut akasia  ,  kursi sudut lemari  ,  kursi sudut akar jati  ,  kursi sudut akar  ,  kursi sudut akasia mentah  ,  kursi sudut akasia minimalis  ,  kursi sudut arimbi  ,  kursi sudut anggur  ,  harga  kursi sudut akar jati  ,  kursi sudut kayu akasia  ,  harga kursi sudut kayu akasia  ,  arti kursi sudut togel  ,  aneka kursi sudut kayu jati  ,  aneka kursi sudut jati minimalis  ,  kursi sudut busa  ,  kursi sudut busa minimalis  ,  kursi sudut bagong  ,  kursi sudut box minimalis  ,  kursi sudut box  ,  kursi sudut bambu  ,   kursi sudut besi minimalis  ,  kursi sudut bagong minimali